Cara Install Dan Konfigurasi Pada X-Lite

INSTALL  DAN KONFIGURASI X-LITE

X-lite merupakan perangkat lunak yang dikembangkan oleh CounterPath Solutions Inc., yang diaplikasikan untuk komunikasi VoIP berbasis protokol SIP. Perangkat lunak ini diibaratkan dapat mentransformasikan PC menjadi telepon. X-lite memberikan manfaat yang sama seperti telepon biasa untuk melakukan dan menerima panggilan PC. Dengan menggunakan koneksi broadband internet dan teknik audio kompresi (codec), Quality of Service (QoS) yang dihasilkan hampir sama dengan telepon tradisional.
X-lite dapat diinstal pada sembarang komputer pada suatu jaringan komputer. Perangkat lunak ini dapat berjalan di sistem Windows maupun Linux. Proses registrasi dilakukan dengan memasukkan IP SIP Server misal 172.16.40.98 pada sistem setting yang dapat dilihat pada menu X-lite. Pada saat mengaktifkan X-lite, sistem setting pada X-lite secara otomatis akan mencari SIP Proxy dimana X-lite ini terdaftar untuk melapor bahwa SIP softphone pada komputer tersebut telah aktif. Port yang digunakan pada saat komunikasi berlangsung adalah port 8000. Sedangkan untuk register port digunakan port 5060.

Berikut ini cara menginstal dan mengkonfigurasi X-lite :
11. Download X-lite di sini.
32.   Tab 2x pada format application




43. Kemudian pilih I accept theagreement, untuk menyetujui proses installasi.

4. Tunggu sampai proses selesai.





65.  Klik  Softphone=>Account settings.




76. Selanjutnya isikan seperti gambar di bawah ini dan klik Ok




8    7. Terakhir apabila sudah di klik ok akan muncul centang warna hijau.






1 komentar:

  1. Kenapa waktu "Register with domain and receive call" dicentang, si presence status gabisa available. Jadi "Error, your account can't blablabla~" solusi?

    BalasHapus

Prinsip-Prinsip FIREWALL

Firewall mendukung penyaringan dan keamanan fungsi yang digunakan untuk mengelola data mengalir ke router, melalui router, dan dari rou...